Serdadu Kumbang

Judul : Serdadu Kumbang (Apa Rungan* Negeri Kita? )
Produksi : Alenia Pictures, PT. Newmont Nusa Tenggara
Rilis : 16 Juni 2011
Pemeran : Yudi Miftahudin, Ririn Ekawati, Lukman Sardi, Putu Wijaya, Titi Sjuman, Asrul Dahlan
Sutradara : Ari Sihasale

“Dian, itu tuh anak yang filmnya Mama mau tonton. Sekarang bibirnya dioperasi, tadinya sumbing. Yuk kita ajak mbak-mbaknya (nonton) sekalian?” ajak ibuku sambil mengupas kentang kecil-kecil untuk rendang. Saya pun melirik televisi, sebuah acara pariwisata ke pelosok-pelosok Sumbawa yang dipandu oleh seorang anak kecil berwajah bahagia.
“Ini nih, ada sinopsisnya di majalah juga.” ibuku terlihat demikian antusias.
Akupun membaca sedikit garis besar kisah tentang persahabatan 3 bocah Sumbawa, Amek, Acan dan Umbe.

Keesokan harinya setelah tutup warung, saya, ibu dan salah satu pegawai kami berangkat ke Kelapa Gading. Ketika kami sampai di loket, film sudah dimulai dan jam tayang berikutnya masih lama. Akhirnya kami memilih masuk saja meski kehilangan beberapa menit awal cerita.

Film yang disutradarai oleh Ari Sihasale ini menurut saya cukup layak untuk dinikmati bersama keluarga di musim liburan anak sekolah. Bukan hanya karena didukung aktor dan aktris yang piawai, tapi juga karena banyak adegan lucu yang mampu membuat penonton tertawa-tawa, ditambah pesan-pesan moral yang bertebaran di sepanjang film. Akting Asrul Dahlan (Para Pencari Tuhan) sebagai Zakariah (Jack) seorang TKI juga ayah yang lama dirindukan kepulangannya oleh Amek, sangat ciamik!

Satu hal yang saya sayangkan dari film ini adalah banyaknya hal yang hendak ditampilkan sehingga benang merah kisah menjadi kurang tampak. Bahkan ada adegan yang menurut saya terpotong begitu saja tanpa ampun, ketika Papin (Kakek Ustadz) bertemu dengan Pak Alim (Lukman Sardi) di ruang Kepala Sekolah. ??? < 3 tanda ini disertai tiga huruf W, T & F muncul di atas kepala saya ketika itu.

Akhir kata, daripada menonton kuntilanak dan pocong kurang kerjaan + anak-anak muda yang 'salah jalan', film ini jelas lebih mendidik dan layak dipertimbangkan untuk mengisi liburan.

*) kabar

2 thoughts on “Serdadu Kumbang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s