Random Thought

He loves me
She loves me not.

Cinta. Akan selalu ada di area abu-abu. Cinta antar manusia. Berbeda dengan cinta dengan Tuhan yang berdasarkan keyakinan. Meyakini Tuhan adalah awalnya. Menambahkannya dengan cinta dan keyakinan bahwa Tuhan lebih cinta adalah pelengkap. Sebab, dengan Tuhan kita tak dapat meminta bukti. Kita juga tak dapat mengetes-Nya. Nyata tidaknya Tuhan ditentukan oleh hati masing-masing orang. Cinta tidaknya Tuhan pada kita, kembali ditentukan oleh hati.

Jika demikian, mengapa manusia sering meragukan cinta antara sesamanya? Apakah karena di sini ego berperan? Untung rugi selalu diperhitungkan?

Cinta dengan Tuhan juga bisa berada di area abu-abu, di saat keyakinan akan asmanya pudar karena keinginan dan harapan tak kunjung dikabulkan. Cinta yang adalah Esensi-Nya ditanamkan dalam jiwa manusia di samping atribut-atribut lain yang dimiliki agar manusia menghidupi tugasnya sebagai wakil Tuhan di muka bumi.

Cinta. Sebaiknya berada di area abu-abu. Sebab ketidakpastian adalah yang membuat kita bergerak, berpikir dan berubah. Hidup ini hanya proses. Begitu pun cinta.
Seorang istri yang hanya melihat suaminya. Seorang ibu yang melulu memikirkan anak-anaknya. Apakah ia yakin dengan cintanya? Tidakkah terbersit keraguan akan kesetiaan suaminya. Atau apakah anak-anaknya ikhlas menemaninya belanja di akhir pekan? Apakah kisah cintanya, andai ia bersama yang lain akan lebih baik atau lebih buruk?

Barangkali kesadaran bahwa cinta ada di area abu-abu adalah yang harus dimiliki oleh setiap makhluk. Untuk sewaktu-waktu dipastikan, untuk sewaktu-waktu dibiarkan. Agar sewaktu-waktu memperoleh kejutan bahwa abu-abu itu kadang lebih ke putih kadang lebih ke hitam tapi tak pernah sepenuhnya mutlak dan menghilang.

July 2nd 2013
10.30-11.00
in bed with tummy cramps

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s